Sejak terakreditasinya 17 Program Studi di 7 (tujuh) Fakultas di lingkungan Universitas Medan Area dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 053/BAN-PT/Akt-VIII/S1/XII/2004 tanggal 20 Desember 2004 dan Nomor 023/BAN-PT/Ak-IX/S1/XII/2005, tanggal 22 Desember 2005. maka Universitas Medan Area dituntut untuk lebih meningkatkan kualitas akademik dan administrasi, sehingga mampu menghasilkan alumni yang lebih berkualitas, terampil dan lebih kompetitif untuk mengisi peluang kerja dalam menghadapi era globalisasi dan pasar bebas.

Untuk mencapai hal tersebut maka kegiatan akademik dan administrasi perlu dievaluasi sehingga lebih tertib, lancar, terpadu, terarah dengan baik dari waktu-waktu sebelumnya.

Agar terwujudnya efisiensi dan efektifitas kerja bagian Akademik dan Administrasi di Universitas Medan Area, maka Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) berdasarkan SK Rektor No. 1030/R.07/XII/1998, dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu : Biro Administrasi Akademik & Perencanaan (BAAP) dan Biro Administrasi Kemahasiswaan & Registrasi (BAKR). Pada tahun 2009 berdasarkan SK BPH-YPHAS No. 084/BPH-YPHAS/2009 kedua biro tersebut diganti namanya menjadi Biro Administrasi Akademik (BAA) yang merupakan unit  pelaksana teknis di bidang administrasi akademik dalam lingkup administrasi pendidikan / pengajaran dan penelitian. BAK (Biro Administrasi Kemahsiswaan) yang merupakan unit pelaksana teknis di bidang kemahasiswaan dan alumni.